10 Tips Agar Pekerjaan Lebih Mudah

Ketika membuat sebuah agenda atau menggunakan daftar hal apa saja yang harus Anda kerjakan saat ini (to-do lists) sangatlah mudah. Tetapi apakah agenda tersebut telah berjalan secara efektif? Berikut adalah tips yang akan saya bagikan kepada Anda, yang telah saya pakai selama beberapa tahun terakhir.

1. Pilih Media Yang Tepat
Daftar agenda Anda menggunakan media yang mudah diakses. Bagi sebagian besar orang, mereka menggunakan kertas dan biasa diletakkan di antara meja mereka, tapi juga dapat diletakkan di aplikasi pada komputer anda, atau bahkan handphone anda. Pastikan anda selalu dapat menambah, mengedit, menghapus entri di dalam agenda Anda dengan mudah.
2. Pastikan Agenda Tersebut Mudah Dilihat
Penting untuk diketahui bahwa Agenda tersebut harus selalu mudah dilihat oleh Anda. Untuk memastikan bahwa Anda segera mengerjakan seluruh tugas-tugas Anda secara tepat waktu.
3. Memulai Hari Anda Dengan Agenda Tersebut
Biasakan pada awal masuk kerja memulai kebiasaan duduk dan menulis daftar agenda yang harus dikerjakan hari ini. Karena pagi hari pikiran anda masih segar dan belum dipenuhi oleh pekerjaan lain yang mungkin datang kepada Anda.
4. List Tersebut Hanya Berlaku Pada Hari Itu
Jangan mencoba untuk merencanakan seluruh minggu atau bahkan beberapa hari ke depan. Fokus pada tugas-tugas yang harus diselesaikan pada satu hari. Anda tidak dapat tahu apa yang akan terjadi di siang hari, sehingga prioritas untuk esok hari mungkin berubah.
5. Pekerjaan Paling Penting Berada Paling Atas
Selalu dahulukan pekerjaan utama Anda. Hal ini juga penting untuk membagi tugas Anda nantinya sehingga tidak akan tertinggal.
6. Sisakan Kolom Khusus Untuk Membagi Ide Anda
Kadang-kadang ide Anda bisa saja tiba-tiba muncul, sehingga Anda perlu mempunyai sebuah kolom khusus untuk menulis ide tersebut. Mungkin bisa Anda masukkan ke agenda pada hari esok.
7. Buat Urutan Yang Seharusnya Memang Tidak anda Kerjakan
Anda bukan robot yang bisa melakukan apa saja, ikutin jadwal pada agenda yang harus Anda kerjakan. Ketika jam 10 Anda harus buka email, lakukanlah, jangan Anda twitteran dengan rekan Anda. Pastinya produktivitas Anda tidak akan berubah apabila Anda mengikuti jadwal pada agenda Anda.
8. Harus Realistik
Ide pagi hari mungkin sangatlah banyak, namun jangan Anda tulis semua ke dalam agenda Anda. Tulis yang benar-benar realistik yang dapat Anda kerjakan nantinya. Menulis terlalu banyak ide yang dihasilkan otak Anda, akan membuat Anda frustasi dan nantinya kehilangan mood untuk bekerja. Jadi harus realistik!
9. Istirahat Sejenak
Istirahat sejenak perlu untuk meningkatkan produktivitas otak Anda. Pastikan istirahat sejenak ketika membereskan tugas utama Anda. Namun jangan lakukan hal tersbut ketika Anda sedang mengerjakan tugas, terkadang hal ini akan membuat Anda kehilangan konsentrasi dan memakan waktu, dan nantinya membuat produktivitas Anda menurun. Ingat, selesaikan apa yang telah Anda mulai.
10. Pekerjaan Yang Terlewat
Terlewatnya sebuah pekerjaan merupakan hal yang wajar. Anda tidak dapat memprediksi berapa lama aktivitas Anda selesai dalam sehari. Hal yang sangat penting adalah Anda tidak melupakan tugas tersebut. Anda dapat menuliskan hal ini pada agenda Anda untuk dilakukan pada esok hari, sebelum Anda memulai tugas utama Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook