Manfaat Buah Durian


Legit, lezat dan baunya sangat menyengat, siapa yang tidak kenal buah Durian. Buah yang mempunyai nama latin Durio Zibethinus Murr ini,tidak hanya aromanya yang menyengat, tapi ada khasiat yang terkandung baik dalam buah, kulit, maupun bijinya.



 Manfaat Buah Durian:

* Mulai dari buahnya, buah yang berasal dari Asia Tenggara ini, ternyata mampu mengatasi penyakit kuning, serta penyakit kulit. Mengutip dari Wikipedia.org setiap 1 salut biji durian mempunyai nilai kandungan gizi 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium, fosfor dan 67 g air.

* Dari bijinya, kita dapat merebus atau membakarnyadan dapat dijadikan cemilan sehat karena mengandung pati yang sangat tinggi. Tapi perlu diingat, tidak diperbolehkan memakan biji mentah dari buah yang berasal dari genus Durio ini, karena asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terkandung dalam biji durian bersifat racun bagi tubuh.

* Kita beralih ke kulit Durio Zibethinus Murr. Kulit durian dipercaya mampu untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit)Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid. Selain itu kulit durian dapat dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.
Selain buah, biji, dan kulit, akar durian dapat dimanfaatkan untuk obat penurun demam dan akarnya dapat digunakan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku) dengan cara dicampur dengan Jeringau (Acorus calamus).
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memakan buah yang berkulit duri ini, menurut Rumphius pada abad ke 18, menyarankan untuk tidak minum alkohol sehabis makan durian karena bisa menyebabkan nafas berbau dan gangguan cerna. Selain itu pada tahun 1981 J.R. Croft menulis dalam Bombacaceae: In Handbooks of the Flora of Papua New Guinea, rasa tidak nyaman atau sakit terjadi jika makan durian dan minum alkohol secara berdekatan.

2 komentar:

  1. Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,dengan hasil yang luar biasa dan sangat mudah dijalankan,
    dan satu lagi,bagi yang mempunyai blog,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.
    Klik atau copy paste link berikut:

    http://tinyurl.com95tbzuv

    Apabila anda bergabung sekarang kami berikan cashback sebesar 50%

    Atau anda mau mengirim iklan secara otomatis ke 1120 situs iklan baris indonesia sekaligus dengan sekali klik???
    DAHSYAT!!!
    Klik/copy paste yang ini:

    http://www.autosubmit.web.id/?ref=26377

    BalasHapus

Like Asahlah On Facebook