Menyempurnakan Kinerja Otak!


http://www.ebahana.com/admin/foto_berita/otak051009.jpgTahanlah laju penuaan otak! Para peneliti kini sudah mengetahui bahwa kita memiliki kemampuan untuk menahan laju penuaan otak. Ini bukan hanya menyangkut soal menahan lajunya tahun atau usia Anda, tapi berhubungan juga dengan kemauan Anda untuk maju. Jadi, kemauan untuk maju yang digabung dengan kekuatan pikiran benar-benar dapat memaksimalkan kinerja otak. Hal ini dapat dibuk¬tikan berapa pun usia Anda.

“Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak”. (Amsal 16:16)

MEMBERI OTAK “MAKAN” 
- Sama seperti anggota tubuh yang lain, otak Anda pun memerlukan vitamin, mineral dan asupan air yang teratur.
- Kemampuan berpikir, verbal reasoning, dan mengingat dapat meningkat walau jarum umur terus berputar, apalagi jika Anda senantiasa berjaga-jaga dan memberinya asupan makanan bergizi. Jadi rajin-rajinlah mengonsumsi beragam makanan yang meningkatkan kemampuan otak; seperti bluberry dan dark chocolate. Makanan ini mengandung antioxidant flavonoid yang dapat membantu melindungi otak.
- Berilah otak Anda “makan”. Defisiensi B12 berpengaruh amat nyata terhadap proses kemunduran otak. Oleh karena itu, perkuatlah otak Anda dengan memasukkan sajian sumber-sumber vitamin B12 dalam jadwal makan Anda. Konsumsilah
 folic acid yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau tua termasuk taoge, bayam, kobis, dan brokoli. Folic acid dapat meningkatkan daya memori dan mempercepat proses informasi. Makanlah buah berry minimal sekali atau dua kali dalam sebulan. Pilihlah makanan yang kaya kandungan minyak ikan omega 3 fatty acids yang akan membantu otak untuk memperbaiki dirinya sendiri, seperti mackerel/salmon/sardine setidaknya setiap minggu sekali.
- Sarapan pagi adalah kegiatan yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan otak Anda. Janganlah sarapan yang menunya hanya kopi! Lebih baik pilihlah semangkuk cereal dan teh jika Anda takut gemuk karena sarapan setiap hari. Tapi yang terbaik, usahakanlah makan telur serta buah atau jus buah sebagai sarapan sehat.
- Karbohidrat hanya sampai jam 17.00. Memang karbohidrat adalah sumber kalori yang hebat, tapi karbohidrat juga memberi Anda bonus serotonin yang membuat pikiran menjadi tenang. Ini tentu saja tidak diinginkan bila Anda sedang membutuhkan konsentrasi atau kewaspadaan yang tinggi. Namun simpanan karbohidrat untuk sisa hari tetaplah memberi bonus, yakni akan membantu Anda untuk rileks dan membuat tidur Anda kian nyenyak.
Jangan merokok! Hindari sebisa mungkin. Rokok membuat otak Anda cepat aus.

“OLAH RAGA”KAN OTAK ANDA 
- Berolahragalah! Otak akan berkembang dengan cepat seiring masuknya oksigen ke dalam tubuh. Jadi meskipun hanya berjalan cepat, lakukanlah. Namun yang terbaik adalah dua kali seminggu melakukan olah tubuh seperti; lari, bersepeda, berenang, atau olahraga aerobik lainnya. Dengan menggerakkan otot-otot, maka tubuh Anda akan memproduksi protein yang memegang peranan amat penting dalam proses berpikir kita. Olah raga dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak, memperbaiki flexible thinking, dan bahkan membantu dalam melahirkan sel-sel syaraf yang baru.
- Jika dihadapkan pada keadaan harus mengendarai motor, janganlah takut naik motor. Beranilah mengemudi.
- Tidur dan relaksasi sangat penting untuk kesehatan otak. Usahakanlah dapat tidur nyenyak setiap malam.
- Beranilah melakukan kegiatan di luar aktifitas rutin Anda. Otak Anda akan menjadi segar karena hal ini. Lakukan kegiatan yang menurut Anda (semula) hanyalah kegiatan yang main-main. Mempelajari keahlian baru, makin sulit justru makin bagus. Sebab hal ini membantu menciptakan terbentuknya jaringan atau koneksi baru dalam otak.
- Latih otak Anda dengan ‘olahraga’ otak seperti belajar bahasa baru, main musik, dan scrabble. Bermainlah catur, permainan ini memperkuat hubungan jaringan antara lebih dari 30 bagian berbeda dalam otak.
- Gosoklah kedua tangan Anda bersama-sama. Lakukan gerakan ini dengan penuh semangat kapan pun Anda perlu untuk memusatkan perhatian pada sesuatu. Gerakan ini akan memperlambat kekuatan otak Anda, tapi sebaliknya meningkatkan kreativitas.

TEKNIK BERPIKIR BIJAK 
- Tumbuhkan rasa ingin tahu. Jangan hanya selalu meminta jawaban. Tapi tariklah kesimpulan Anda sendiri. Cara ini akan membantu kita mengembangkan logika dan alasannya.
- Sekali Anda memiliki cita-cita pribadi, selaraskan pikiran dan tindakan Anda ke arah cita-cita itu, dan terus bekerja keras untuk mewujudkannya.
- Jadilah diri Anda sendiri. Jangan hentikan keyakinan, majulah dalam iman dalam perbuatan. Nyamanlah dengan cita-cita Anda sendiri, jadilah orisinil.
- Tantanglah pikiran Anda dengan mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini penting untuk ‘membangun cadangan pikiran’ yang Anda perlukan agar pikiran tetap tajam walau usia terus bertambah.
- Jangan takut dengan stres dan tantangan. Sedikit stres justru dapat memperbaiki memori Anda. Tapi jagalah tingkat stres Anda supaya jangan sampai terlalu tinggi. Hal ini berbahaya asalnya stres yang berlebihan membuat otak memproduksi hormon cortisol yang dapat erintangi kemampuan berpikir kita.

MENJAGA “KESEHATAN” OTAK 
- Yakinlah bahwa kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan dalam hidup ini hanya sementara. Jadi terimalah kesalahan-kesalahan yang telah terjadi, pelajari semua itu, serta tariklah kesimpulan dan hikmahnya. Lalu tempalah diri Anda kembali melangkah maju.
- Jangan bombardir otak Anda dengan terlalu banyak tragedi. Jika terlalu banyak pikiran negatif memenuhi benak Anda, maka prasangka negatif itu akan membatasi perhatian Anda terhadap persoalan lainnya.
- Apabila Anda pernah mengalami peristiwa yang mengejutkan dan memalukan yang diketahui oleh banyak orang, belajarlah menertawakan diri sendiri. Peritiwa itu telah terjadi dan telah berlalu. Untuk dapat tetap meraih cita-cita Anda, caranya adalah dengan terus berjalan.
- Tantanglah pikiran Anda dengan mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini penting untuk ‘membangun cadangan pikiran’ yang Anda perlukan agar pikiran tetap tajam walau usia terus bertambah.
- Hindari pikiran negatif dan pesimis karena dapat menurunkan kekuatan otak, khususnya kadar hormon dopamine yang disebut juga hormon ebahagiaan. Hormon ini semakin menurun seiring bertambahnya usia Anda. Jadi, berusahalah untuk menjadi orang yang berbahagia supaya otak Anda awet muda.
- Tertawalah.

LAKUKANLAH KEGIATAN-KEGIATAN “CERDAS” 
- Lakukanlah observasi yang dapat membuat mata Anda berbinar-binar. Observasi yang tepat membuat diri Anda cerdas.
- Mengobrollah dengan orang-orang yang dapat berpikir cepat. Mereka disebut juga class clown artinya orang yang pandai dan unggul dalam berpikir disebabkan karena berpikirnya cepat.
- Buatlah action plan. Susunlah langkah-langkah yang dapat dicapai setiap minggu yang memungkinkan untuk dikerjakan, lalu siapkan hadiah untuk diri sendiri jika Anda berhasil mencapai target. Metode ini mengajar kita cara yang jitu untuk mengenal diri sendiri.
- Perbanyak membaca dan kuasai berbagai topik. Dengarkanlah siaran radio dan belajarlah menyukai warta berita di televisi.
- Praktekkan skala prioritas. First thing first. Kenali yang terpenting. Berkonsentrasilah terhadap satu tugas dalam satu waktu. Namun ini bukan berarti Anda tidak mampu mengerjakan dua hal pada saat yang bersamaan. Anda masih bisa melakukan dua hal sekaligus, hanya saja kemungkinan Anda tidak dapat menyelesaikannya dengan sempurna.
- Ketika sedang menulis, cobalah untuk menggunakan tangan yang lain. Tindakan ini akan merangsang bagian cortex kanan dari otak dan sekaligus merangsang kreativitas Anda.
- Berlatihlah membaca cepat. Cobalah menscanning lembaran koran daripada membaca setiap kata, sehingga Anda dapat menyerap informasi dua kali lebih cepat. Dengan mempercepat pikiran Anda secara sadar justru akan membuat Anda menjadi lebih kreatif.
- Studi membuktikan bahwa memori dan pemahaman akan meningkat 25% ketika postur tubuh diperbaiki. Maka cobalah untuk meluruskan tubuh Anda. Jangan duduk seenaknya. Duduklah dengan kedua kaki di lantai dan biarkan tulang belakang bagian bawah dan pantat Anda dalam posisi tegak lurus di kursi. Bila postur tubuh Anda kurang baik, kumpulan neuron akan menjadi terbelit, karena zat kimia otak berjalan-jalan ke tulang Anda melalui sel-sel syaraf.
- Sikatlah rambut Anda. Menyisir bagaikan memberi listrik pada otak. Tindakan ini akan membangunkan sel-sel otak Anda, sebab menyisir rambut bagaikan melakukan pemijatan pada kepala. Caranya? Tekan-tekan kepala Anda dengan lembut sebab gerakan ini dapat merangsang kulit kepala. Mulailah dengan menekan ujung jari Anda ke sebelah cuping hidung, terus gerakkan ke arah belakang kepala hingga kedua jari-jari Anda bertemu di kepala bagian belakang. Ulangi gerakan ini dan tempatkan jari-jari Anda kembali di depan.
- Pelajarilah kehidupan orang-orang sukses. Faktor keberuntungan hanya memiliki peran yang terkecil, faktor yang terbesar adalah ketekunan, kerja keras, dan motivasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook