Misteri Gua Maneungteung



Tak banyak yg tw jika d dasar sungai Cisanggarung terdapat gua alam yang salurannya hinnga ke tengah laut.Posisi gua itu persis d depan Bukit Maneungteung kecamatan Waled.Namun sayangnya gua alam itu terkubur sedimentasi akibat pengerukan bukit meneungteung.gua itu terkubur hinnga kedalammannya mencapai 200meter.sayangnya bukit maneungteung yg selama ini anteung dan jauh dr tngn usi,kini terusik,kawasan yg menakjubkan itu telah rusak.hinnga kini belum ada penelusuran soal gua dasar itu. 4 pengusaha galian C di Kabupaten Cirebon yg d tuding telah melakukan perusakan terhadap bukit Maneungteung.mereka melakukan pengerukan hnnga bukit itu menjadi tebing,curam yg kemiringan 70-80persen.


Bukit maneungteung yg berlokasi d pinggiran jln perbatasan Cirebon.banyak mennyimpan cerita masa lalu d bukit setinggi 60 meter,sejumlah fosil binatang purba,terumbu karang,hewan laut serta artefak yg berupa keramik, sayangnya bukit itu telah rusak hancur akibat d keruk.Jika dilihat dari fosil Moluska,dan terumbu karang yg ditemukan, jutaan tahun yg lalu maneungteung merupakan kawasan Laut.betapa tdk, Biota lautyg terkubur d dlm bukit, pasca berdirinya galian C di sana menjadi berserakan.beberapa biota laut yg d temukan karang kinjeng,tulang ikan,dan tulang binatang2 Purba.Benda benda bersejarah itu pertama kali terkuak setelah lembaga swadaya Masyarakat melakukan Obsevasi,jika digali akan kita temukan benda bersejarah yg sangat dasyat.

2 komentar:

Like Asahlah On Facebook