10 Cara Alami Dan Sederhana Meningkatkan Imunitas


Perubahan cuaca dan hidung meler alias pilek seakan berkawan dekat. Begitu musim berganti, maka “konser” batuk pilek umum terdengar di sarana publik; angkutan umum, pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran.
Sebetulnya, hal itu bisa dihindari bila tubuh kita dalam kondisi prima. Dan untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, ada cara sederhana yang bisa dilakukan.

Berikut ini 10 cara menjaga kondisi  dan meningkatkan imunitas tubuh. Situs Suite101 menyebut, tiga atau empat saja saran di bawah ini dilakukan, maka timbang batuk pilek saja, pasti akan menjauh.
Berikut ini ke-10 tips itu:
1. Rutin mengonsumsi jus jeruk nipis. Jeruk nipis sangat ideal untuk mengembalikan keseimbangan asam-basa. Minum jus jeruk nipis segar atau menambahkannya ke teh, salad dressing (menggantikan cuka), atau masakan, akan membantu menjaga “iklim” tubuh  pada pH yang mendukung bakteri sehat, bukan virus dan bakteri yang merugikan yang berkembang dalam lingkungan asam lebih. Cuka apel adalah cara lain untuk meningkatkan alkalinitas tubuh Anda, tetapi rasa lemon jauh lebih menyenangkan!
2. Berikan tubuh Anda dopping herbal. Ratusan suplemen herbal kini tersedia memberikan dukungan sistem kekebalan tubuh tambahan selama musim dingin. Namun herbal segar dan solusi makanan keseluruhan selalu lebih baik lebih dari herbal kemasan atau food suplemen, karena mereka memiliki potensi yang jauh lebih tinggi dan  tubuh Anda menyerap lebih dari nilai mereka. seperti propolis
3. Pastikan tidur malam Anda cukup. Semua orang kemiliki kebutuhan tidur yang berbeda: tubuh Anda mungkin perlu  6-10 jam tidur setiap malam. Tidur telah dikaitkan dengan kadar hormon seimbang (termasuk hormon pertumbuhan manusia dan hormon stres, kortisol), menjaga berat badan turun, pemikiran yang jernih dan penalaran, mood membaik, dan bersemangat. Tidur yang cukup juga erat kaitannya dengan kulit yang sehat.
4. Makan banyak protein murni. Protein adalah sebuah blok bangunan untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi sedikit protein dan cenderung tinggi karbohidrat hanya akan mengakibatkan gula darah naik serta menekankan pankreas dan sistem kekebalan tubuh.
5. Minum banyak air putih. Ada alarm tubuh sederhana tentang kebutuhan air dalam tubuh ini: sakit kepala dan haus keduanya tanda-tanda dehidrasi. Anda harus minum sedikitnya delapan gelas sehari, walau kini beberapa pakar mencoba mengoreksinya. Teori terbaru, minumlah air separo berat tubuh Anda dalam sehari.
6. Berhenti minum kopi. Berlawanan dengan teori kopi sebagai sumber antioksidan, coklat dan kopi adalah dua hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan Anda. Kafein merampas  mineral dan vitamin dalam tubuh Anda, dan menyebabkan dehidrasi. Jika Anda minum kopi, pastikan Anda menambahkan dua gelas tambahan untuk asupan air Anda per cangkir kopi. Suplemen mineral membantu untuk mengimbangi kerusakan akibat kafein.
7. Kurangi pemakaian gula pasir. Jika Anda sungguh-sungguh ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan gula dari diet Anda adalah salah satu trik. Anda akan melihat hasil yang nyata dalam tingkat energi Anda, distribusi berat badan, kekebalan dan kemampuan Anda untuk berpikir jernihBanyak ahli gizi holistik mempertimbangkan pengurangan konsumsi gula dan beberapa praktisi lebih memprioritaskan menghapus gula dari diet ketimbang berhenti merokok. Gula buatan banyak tersedia, tetapin sebisa mungkin juga dihindari.
8. Konsumsi buah-buahan dan sayuran mentah. Selain memasuk vitamin, , serat mineral, dan enzim, sayur dan buah segar juga merupakan antioksidan alami. Kandungan gizi yang Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran mentah tak tertandingi. Banyak vitamin, termasuk vitamin C, yang merupakan antioksidan dan akan melindungi sel – termasuk sistem kekebalan tubuh – berasal dari dua bahan ini.
9. Jangan takut dingin. Sesekali, jalan-jalan lah saat hawa dingin menerpa. Sebagian besar dari kita menghabiskan 90 persen waktu di ruangan, padahal menghirup udara segar sangat menyehatkan. Waktu yang dihabiskan di luar rumah dalam dingin juga merangsang kelenjar tiroid.
Akhirnya …
10. Merawat diri sendiri. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, menghabiskan waktu dengan teman-teman, dan memanjakan diri dalam pijat, atau mandi air panasadalah salah satunya. Tubuh kita merespons emosi kita – jika Anda merasa diganggu dan memanifestasikan cemas, itu bisa menyebabkan sakit tenggorokan atau pilek. Buat ruang dalam diri Anda untuk selalu bahagia. Ambil “hari kesehatan mental” setiap beberapa bulan untuk memastikan kebutuhan emosional Anda terpenuhi. Bila Anda senang, Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook