Seputar 7 Mitos Kesehatan Dan Faktanya!



Ada Banyak mitos dan dugaan yang berkembang di masyarakat tentang sesuatu yang akan berdampak buruk bagi kesehatan, mitos-mitos itu pasti selalu ada dalam kehidupan di manapun, walau tidak ada bukti nyata yang kuat, namun biasanya orang-orang akan percaya begitu saja, dan inilah beberapa dugaan mengenai kesehatan dan fakta yang ada di dalamnya yang di kutip dari detik health, Semoga Bermanfaat, terus berkunjung ke bank of science, tambah wawasanmu OK!!



Minum 8 gelas air setiap hari

Pada tahun 1945 dewan makanan dan gizi Amerika Serikat mengungkapkan seseorang harus mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, karenanya seseorang mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari di luar makanan dan minuman lainnya.

Air memang bagus untuk tubuh, tapi hal yang benar adalah cairan dari jus, buah, teh atau susu juga bisa mencegah dehidrasi, jadi cairan ini juga perlu diperhatikan.


Makanan segar selalu lebih baik daripada beku

Makanan beku bisa sama baiknya dengan makanan segar, karena buah-buahan dan sayuran umumnya dipanen saat kandungan gizinya berada di puncak lalu dibekukan agar nutrisinya tidak hilang. Zat nutrisi bisa hilang jika terkena panas, tidak mendapat asupan air dan terlihat layu.


Telur bisa meningkatkan kolesterol

Studi baru menemukan bahwa lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan lainnya lebih memungkinkan untuk meningkatkan risiko 
penyakit jantung.

Dalam satu telur kolesterol yang terkandung adalah 213 miligram, sedangkan anjurannya adalah tidak boleh lebih dari 300 miligram. Untuk itu jangan takut mengonsumsi telur karena mengandung protein, vitamin A dan D.


Udara dingin bisa menyebabkan pilek

Udara dingin tidak akan merusak kekebalan tubuh seseorang kecuali ia mengalami hipotermia. Hal yang membuat seseorang terkena flu saat musim dingin adalah pada kondisi ini orang lebih sering berada di dalam rumah sehingga virus cenderung terkurung di ruang tertutup dan mudah menular.


Membaca di tempat redup merusak mata

Hal yang benar adalah membaca di tempat redup bisa membuat mata menjadi tegang, sehingga orang akan menyipitkan mata dan memicu sakit kepala. Umumnya tidak menimbulkan kerusakan permanen. Tapi kondisi ini akan membuat mata kering, sakit dan mengganggu penglihatan.


Kopi benar-benar buruk untuk kesehatan

Kopi berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan adiksi, menimbulkan rasa takut, jantung berdebar lebih kencang dan tidak teratur.

Tapi jika dikonsumsi secara normal, kopi baik untuk tubuh seperti memberikan antioksidan dan juga membuat orang lebih fokus.


Lipstik bisa membuat sakit

Beberapa lipstik diketahui mengandung timbal, tapi risiko seseorang sakit akibat timbal yang terkandung di dalam lipstik sangat kecil. Bahkan keracunan timbal yang paling sering justru diakibatkan oleh faktor lingkungan lain seperti cat dari rumah tua.

Sumber : health.detik

3 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook