4 Tips Merawat Komputer Pribadi



Merawat komputer adalah cara yang tepat dan suatu hal yang cukup penting yang berkenaan dengan komputer, karena merawat komputer berarti juga mencegah terjadinya kerusakan pada komputer itu sendiri, ini berarti juga dapat menjadikan komputer awet dan tahan lama, sehingga tentunya akan dapat pula menhemat biaya yang kita keluarkan dengan meminimalisasi terjadinya kerusakan.

Tetapi memang adakalanya kita selaku user kebingungan dalam hal perawatan komputer, ini dapat terjadi karena kita tidak mengetahui langkah apa atau bagaimana cara yang harus kita lakukan untuk merawat komputer, dimungkinkan jika kita mengetahui bagaimana cara untuk merawat komputer, maka komputer milik kita dapat menajadi awet, sukur-sukur selalu mempunyai kinerja yang bagus. nah Jika anda adalah seorang yang mencari-cari tips dalam merawat komputer mungkin tips-tips di bawah ini dapat membantu anda dalam hal perawatan komputer dan inilah 4 tips yang dapat anda coba untuk merawat komputer anda.
1. selalu menjaga kebersihan komputer dan disekitar komputer
sebisa mungkin , kita setiap hari membersihkan debu ataupun sampah yang ada disekitar komputer dibagian luar komputer (misalnya CPU dibersihkan dari debu dsb), kebersihan ini berguna agar kotoran atau debu-debu tidak masuk pada mesin komputer (cpu ataupun monitor), karena jika hardware komputer terkena debu, maka akan membuat kinerja komputer menjadi lambat atau bahkan dapat menjadikan hardware cepat rusak.
Untuk itulah sebisa mungkin setiap hari kita harus membersihkan debu-debu yang ada di sekitar komputer. Kita dapat menyapu CPU , Membersihkan monitor dengan kain dsb.

2. gunakan stabilizer yang bagus (ada motornya) atau bahkan menggunkan UPS,
tujuan mengunkan stabilizer yang bagus (ada motornya) atau menggunkan UPS adalah agar daya listrik yang mengaliri komputer tidak naik turun, sehingga komputer yang kita miliki dapat bekerja dengan stabil, bayangkan saja jika listrik naik turun , ini akan dapat mempengaruhi kinerja hardware terutama harddisk, karena berdasarkan pengalaman yang lalu, harddisk yang dialiri listrik yang tisak stabil atau naik turun akan mengebabkan kinerja harddisk tidak stabil, sehingga akibatnya komputer kita akan sering restart karena tidak stabilnya alitan listrik dan bahkan sistem opereasi yang ada diharddist akan rusak pula. selain itu harddist yang mengalami restart yang mendadak akan dapat mengebabkan head harddist tersebut tergesek , sehingga akan dapat pula merusak harddist tersebut, untuk itu sebis mungkin gunakanlah stabilizer yang bagus atau lebih bagus lagi jika anda menggunka UPS.
3. Membersihkan CPU (System Unit)
Membersihkan CPU dapat anda lakukan 1 bulan sekali, anda dapat membongkar denga cara membuka casing, kemudian bersihkan semua bagian dalam CPU tersebut dengan menggunkan kuas ataupun alat pengedot debu yang dikhususkan untuk komputer, dengan anda melakukan ini maka komponen dalam CPU dapat bersih dari debu sehingga akan dapat mempercepat pula kinerja dari komputer, selain itu anda juga dapat melakukan cek pada kabel-kabel dalam CPU, periksa kabel CPU apakah sudah terasang dengan baik ataukah belum. Jika ada yang belum terpasang dengan baik, silahkan diposisikan dengan baik.
4. gunkan anti virus yang slalu ter update
virus adalah salah satu sebab rusaknya software atau bahkan sistem operasi di komputer, dan virus pula yang banyak di takuti oleh pengguna komputer awam, mereka menganggap virus merupakan momok yang menakutkan, dapat saya katakan demikian karena beberapa teman saya (tentunya baru mengenal komputer ) sangat takut dengan virus yang mengerang komputernya, memang pendapat mereka ada benarnya, sedangkan untuk mengantisipasi virus yang mengerang komputer, kita bisa memasang anti virus di komputer kita, sekarang ada banyak anti virus gratis yang dapat kita pilih, yang terpenting jika kita menggunkan anti virus adalah kita harus selalu meng updatenya setiap kali anti virus yang kita gunakan telah mengupdate data base dan engginenya, atau anda juga bisa melakukan update satu bulan sekali. Begitulah
Tips-Tips Cara Merawat Komputer, Agar komputer awet... wet.... wet....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like Asahlah On Facebook