ni Penyebab Mengapa Anda Suka Sakit Punggung

Jangan pernah meremehkan sakit punggung atau pun nyeri sendi karena salah-salah banyak tugas Anda yang akan tertunda karena masalah ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa hanya mereka yang biasa melakukan aktivitas berat seperti mencangkul, kuli barang yang terkena penyakit ini. Namun, ternyata hal itu terpatahkan setelah sebuah penelitian baru menyatakan orang yang berkategori aktivitas ringan pun dapat mengalami sakit punggung.

Setidaknya ada tiga hal yang membuat Anda mengalami permasalahan sekitar badan belakang Anda, yakni pertama, posisi duduk yang terlalu lama, lalu selanjutnya membungkuk dengan posisi pinggang ekstrim 90 derajat, dan terakhir adalah karena tidur atau beristirahat di atas sofa ataupun kursi.
Bila Anda melakukan satu diantara ketiga hal diatas maka dapat dipastikan Anda akan mengalami sakit punggung dan kawan-kawannya. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu takut atau kebingungan untuk terhindar dari penyakit ini karena ada tips untuk mencegahnya. Sederhana dan mudah dilakukan kok. Berikut tipsnya:
1. Biasakan duduk dengan menahan perut ke arah dalam. Pinggul harus menyentuh dasar sofa, kursi atau tempat tidur. Bagian punggung belakang Anda juga harus ditopang dengan baik, contohnya duduk dengan menggunakan sandaran kursi. Ambillah waktu sejenak untuk keluar dari kursi Anda dan berjalanlah keluar sebentar untuk mencegah nyeri punggung.
2. Berdirilah tegak dengan perut yang ditahan ke dalam. Hindari membungkuk dengan posisi pinggang ekstrim ketika sedang mengambil sesuatu atau membersihkan lantai. Jangan lupa untuk duduk atau berjongkok setiap kali Anda memngambil barang di lantai.
3. Istirahatlah atau tidur di atas tempat tidur. Ini akan membuat tubuh Anda lebih rileks. Jangan pula menonton TV sambil berbaring di atas sofa karena bisa menyebabkan leher dan mungkin seluruh tubuh Anda terasa tegang.
Sekecil apapun penyakit tetap haruslah mendapat perhatian karena dengan melakukan hal itu maka Anda sedang mencegah berbagai penyakit yang lebih besar untuk merusak tubuh Anda di kemudian hari.
http://rosalindaoroh.wordpress.com/2010/04/08/ini-alasan-mengapa-anda-sering-sakit-punggung/

1 komentar:

Like Asahlah On Facebook