4 Rekomendasi Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang begitu vital pada manusia, apabila ginjal mengalami gangguan sekurang-kurangnya ada padatan (batu ginjal) dapat menyebabkan ginjal tidak berfungsi secara maksimal, dan akibatnya orang yang mengalaminya akan merasakan kesakitan yang luar biasa, oleh karena itu kita harus menyayangi tubuh kita, "mencegah lebih baik daripada mengobati" 

karena apabila sudah terjadi hal yang membuat organ tubuh tidak bekerja maksimal, untuk mengobatinya, kita akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, contohnya apabila ginja sudah kurang berfungsi maksimal, biasanya akan dilakukan cuci darah, yang di lakukan 1-2 minggu sekali, yang biayanya sangat mahal, fungsi ginjal itu sendiri yaitu mengeluarkan kotoran dalam tubuh, lewat ereksi, 
Bank of science memberikan 4 rekomendasi untuk menjaga ginjal agar tetap sehat :
1. Minum banyak air
Tubuh terdiri dari 60 – 70% air. Tanpa air, sel tidak akan bertahan hidup dan proses biokimia dan fisiologis dalam tubuh tidak akan bekerja dengan benar. Pakar kesehatan  menganjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas per hari. Cermati konsumsi air mineral yang masuk dalam tubuh yaitu, dua gelas saat bangun tidur, satu gelas sebelum dan sesudah makan dan dua gelas sebelum tidur. Dua gelas air selanjutnya dapat dikonsumsi untuk tambahan saat anda beraktifitas.
Minum air sebelum setiap makan juga akan mengurangi “rasa lapar”. Air es dingin tidak dianjurkan, karena suhu dingin akan menghalangi metabolisme bahanmakanan. Lipid yang mengeras dan lebih sulit untuk dicerna. Ginjal merespon asupan air yang sesuai. Sebuah ginjal yang sehat akan menyerap apa yang dibutuhkan tubuh dan mengeluarkan kelebihan. Tindakan ini akan meningkatkan ekskresi sisa metabolisme dan akan mempertahankan integritas dari ginjal.
2. Hindari makanan asin
Natrium klorida adalah nama kimia dari garam. Natrium dan klorida adalah elektrolit dan bertanggung jawab dalam mempertahankan neraca air elektrolit dan keasaman dan kebasaan darah. Jika mereka tertelan secara berlebihan, mereka dapat menyebabkan ketidak seimbangan dan menyebabkan akumulasi di ginjal, yang akan mengakibatkan disfungsi ginjal akhirnya. Sebuah ginjal yang sehat membutuhkan banyak air untuk “membersihkan” dari kotoran dan metabolik.
3. Hindari alkohol
Alkohol adalah diuretik zat yang menyebabkan seringnya buang air kecil atau micturation, tetapi juga menyebabkan pencegahan ekskresi bahan lain seperti asam urat. Hal ini akan mengakibatkan batu ginjal atau radang sendi yg menyebabkan encok. Asam urat adalah salah satu penyebab batu nefrolisiasis atau ginjal. Sebuah ginjal sehat benar akan mengeluarkan asam urat dan kotoran dalam tubuh lainnya.
4. Tidak menekan dengan paksa saat anda akan buang air kecil
Jika anda merasa ingin buang air kecil, maka janganlah dipaksa. Ginjal hanya bisa menahan air sebanyak yang bisa. Meskipun sel-sel ginjal yang elastis, bayangkan jika elastisitas yang terus dibawa ke kapasitas penuh. Akhirnya akan haus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook