Tips Menjaga Kesehatan Mata saat Berada Depan Monitor Komputer

Jika anda termasuk orang yang bekerja didepan komputer sepanjang hari, pastinya anda akan terkena radiasi yang dipancarkan monitor sehingga mata anda menjadi terasa perih. Banyak para ahli menciptakan peralatan komputer yang ramah dengan lingkungan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Meski begitu, tetap saja jika kita terlalu lama di depan komputer dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya mata menjadi lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Oleh karena itu kami akan memberikan solusinya.

1. Bekerjalah di dalam ruangan yang cukup dengan cahaya.
Perhatikan cahaya dalam ruangan anda, jika ruangan yang anda gunakan terlalu terang akan menyilau kan mata.

2. Gunakan monitor dengan filter
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan mata dan radiasi yang dipancarkan monitor, sebaikanya gunakan filter glass monitor.

3. Perikasalah monitor anda.
Memeriksa monitor anda sangatlah penting. Sebelum anda gunakan sebaiknya periksa dahulu monitor yang ingin digunakan, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kemudian bandingkan dengan monitor lain. Jika gambarnya buram dan berkedip-kedip sebaiknya jangan digunakan.

4. Letakkan berkas kerja anda agar mudah dibaca.
Jika anda harus mengetik atau menyalin file yang ada di dalam kertas, sebaiknya letakkan kertas kerja anda dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda.

5. Gunakan Font yang ukurannya cukup besar.
Bila anda harus mengetik atau mengedit tulisan didepan komputer, sebaiknya gunakan ukuran font yang berukuran cukup besar. Sehingga mata anda tidak lelah melihatnya.

6. Istirahatkan mata anda.
Jika anda harus bekerja dalam jangka waktu yang lama di depan komputer, sebaiknya relaksasikan mata anda selama 30 menit sekali. Dengan begitu dapat mengurangi ketagangan pada mata anda dan mata tetap basah.

7. Periksalah kacamata atau kontak lens anda.
Jika anda menggunakan kacamata atau kontak lens, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik, sehingga anda bisa mendapatkan kacamata yang sesuai dan enak digunakan untuk bekerja di depan komputer.

http://nuepoel.wordpress.com/2009/09/13/tips-menjaga-kesehatan-mata-saat-di-depan-monitor/

2 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
  2. sefhira azzahra6 Agustus 2014 14.02

    ya saya juga terima kasih buat info nya !!!

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook