Inilah 10 Fakta Dari Orang Utan Asal Sumatra

Banyak spesies simpanse atau orang utan di dunia ini, dan di antara merela mempunyai ciri dan khas masing masing, bukan hanya dari fisiknya saja tetapi dari psiqologi,sosial dan mentalnya, kaya manusia ya, hehe.. tetapi saya admin sungguh tidak setuju dengan teori charles darwin yaitu mengenai teori revolusi masa kita di samakan sama moyet! lu aja charles gua mah gak mau, wkwkwk yang jelas manusia pertama itu nabi adam, monyet-monyet ya binatang, manusia ya manusia. dan kali ini bank of science ingin sedikit membahas tentang orang utan sumatra.
Berikut ini 10 fakta tentang orangutan sumatera: 
  • Orangutan Sumatera merupakan satu spesies tersendiri yang dikenal sebagai Pongo abelii, sedangkan Orangutan Kalimantan terbagi menjadi 3 sub-spesies yaitu Pongo pygmaeus-pygmaeus, Pongo pygmaeus wurmbi, dan Pongo pygmaeus morio.
  1. Orangutan Sumatera merupakan salah satu spesies yang masuk dalam kategori terancam punah (critically endangered).
  2. Dibandingkan saudara dekatnya orangutan Sumatera lebih sering menghabiskan waktunya untuk bergerak diantara pohon-pohon daripada bergerak pindah menyusuri tanah.
  3. Orangutan Sumatera saat ini hanya dapat dijumpai secara alami di bagian utara Pulau Sumatera, meskipun saat ini sedang dilakukan upaya reintroduksi orangutan Sumatera di Jambi. Sedangkan orangutan Kalimantan tersebar di seluruh pulau Kalimantan.
  4. Analisis DNA menyimpulkan bahwa orangutan memiliki 97% kesamaan genetik dengan manusia, sehingga mudah terjadi penularan penyakit dari orangutan ke manusia ataupun sebaliknya (zoonosis).
  5. Orangutan Sumatera menggunakan 54 jenis alat untuk memperoleh serangga atau madu dan 20 alat untuk membuka dan menyiapkan buah. Diperkirakan 65% Orangutan Sumatera menggunakan alat untuk makan.
  6. Orangutan Sumatera lebih sosial dibandingkan Orangutan Kalimantan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook