Cara Mengatur Keuangan

Masa resesi ekonomi yang tengah kita hadapi kini membuat kita harus secara hati-hati dalam mengatur uang kita. Apalagi kondisi sosial-politik kita juga masih diliputi ketidakpastian. Semuanya harus bisa diperhitungkan dengan bijak. Mengontrol keinginan adalah salah satu modal utama agar bisa menghemat.


Mungkin Anda sering “megap-megap” (red: padahal yang nulis aja yang begitu tuh?) sebelum akhir bulan. Agar hal demikian tidak lagi terulang, maka tips-tips berikut dapat Anda lakukan:

1. Sebaiknya Anda membuat daftar pengeluaran rutin setiap bulannya. Disitu, Anda urutkan semua biaya rutin seperti tagihan listrik, telepon, pulsa, keamanan dan lain-lain. Sisipkan juga biaya-biaya sekunder seperti hiburan dan sebagainya. Jumlahkan seluruh biaya itu dan kurangi dengan jumlah pengeluaran.
2. Periksa daftar dan cari pengeluaran yang bisa Anda pangkas. Misalnya, Anda terbiasa menghabiskan waktu “kongkow” dengan teman-teman yang tentunya memerlukan pengeluaran. Sosialisasi itu penting tetapi hendaknya hal tersebut tidak memberatkan kita. Kurangilah frekuensinya atau ajaklah teman-teman Anda agar bertemu di rumah saja.
3. Bayar dulu semua tagihan, setelah itu sisihkan uang untuk disimpan. Dengan menyisihkan lebih dulu, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol dan Anda tidak panik saat Anda memerlukannya secara tiba-tiba. Anda harus disiplin dengan rencana keuangan yang telah Anda susun itu.
4. Satu yang tak kalah penting, jaga kesehatan. Biaya obat dan rumah sakit di negara kita masih belum bersahabat tuh!!
5. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak menyisihkan dana donasi. Paling tidak 2.5% pendapatan Anda sebaiknya diberikan kepada yang berhak.
Barangkali pada masa awal, Anda akan sangat merasa kesulitan, namun dengan keinginan yang kuat dan seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa.

http://cakrawalabersama.blogspot.com/2010/01/bagaimana-mengatur-keuangan-kita.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook