Kota-kota Dari Tusuk Gigi

Anda pernah pakai tusuk gigi? Kalau buat kilik-kilik habis makan sudah biasa, tapi kalau digunakan untuk membuat model-model seperti perkotaan tentunya sungguh luar biasa. Pernahkah anda mencobanya? hehehe..Tapi dua seniman berikut ini dapat melakukannya loh. wow, keren!! dan mereka sudah membuktikannya. Ayoo kita lihat, kira-kira seperti apa yah karya mereka??


Kota Tusuk Gigi dari Stan Munro 
Stan Muro, 38 tahun, seorang pembawa acara tv, menghabiskan waktu 6 tahun terakhirnya dengan membangun beberapa bangunan landmark-landmark dunia dari tusuk gigi.
Stan membutuhkan waktu antara sehari hingga 6 bulan untuk merekatkan tusuk-tusuk gigi itu menjadi model dari struktur-struktur terkenal di dunia pada skala 1:164.

Untuk membangun Kota Tusuk Gigi ini Stan Muro telah menggunakan lebih dari 6 juta tusuk gigi dan 172 liter lem, tetapi menurutnya itu belum selesai. Hasil karyanya saat ini dipertunjukkan di Museum of Science and Technology, di Syracuse, New York.












Model Kota San Fransisco dari Scott Weaver
 Kota San Fransisco sering dijadikan objek seni bagi para seniman, tapi belum pernah yang seperti ini. Scott Weaver selalu memimpikan akan membangun model dari tusuk gigi terbesar di dunia dan itu dimulainya sejak 34 tahun yang lalu !

Saat ini mimpinya belum sepenuhnya terwujud, tapi yang sudah dibangunnya merupakan salah satu model dari tusuk gigi yang paling mengagumkan yang pernah dibuat di dunia.

“Rolling through the Bay” memiliki tinggi 9 kaki, panjang 7 kaki dan lebar 2 kaki dari model yang terbuat dari tusuk gigi yang terdapat 4 bola ping-pong rolling-track dan beberapa jalur masuk. Track inilah yang membuatnya sangat unik. Begitulah Mr. Weaver memulai petualangannya di dunia tusuk gigi dengan membangun model-model abstrak dan menggelindingkan bola-bola pingpong padanya.






Meski “Rolling through the Bay” memang menampilkan beberapa ikon kota San Fransisco seperti the Bay Bridge, Golden State Park, Fisherman’s Wharf, Alamo
Square atau the Cable Car tour, Scott Weaver mengatakan ini hanya dilihat dari sudut pandang dirinya mengenai kota San fransisco. Dan tidak seperti model-model pada umumnya, dia juga menggunakan bola-bola ping-pong.

Model dari tusuk gigi dari kota San Fransisco ini mebutuhkan waktu lebih dari 3000 jam kerja untuk menyelesaikannya dan menghabiskan lebih dari 1 juta tusuk gigi. Untungnya satu pak tusuk gigi hanya berharga 99 sent, jadi tidak terlalu mahal. Ripley’s Believe It or Not pernah menawar karyanya ini sebesar $40.000 dollar tapi belum mau menerimanya dan terus melakukan pekerjaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it!!!

Like Asahlah On Facebook