Pesawat Yang Mampu Terbang 14 Hari, Tanpa bahan Bakar!


Info Bank Of Science - Zephyr, Pesawat Tanpa Awak Bertenaga Matahari Mengelilingi dunia selama 80 Hari nampaknya bukan masalah untuk jaman sekarang ini. Namun, bisakah, agan melakukannya menggunakan pesawat tanpa mengisi ulang bahan bakarnya? Perusahaan pengembengan Teknologi bernama QinetiQ menciptakan sebuah Pesawat Tanpa Awak bertenaga matahari yang ramah lingkungan, hemat energi dan berbiaya produksi rendah.

Pesawat ini diciptakan dengan tujuan sebagai bantuan pengawasan militer, pengawasan batas daerah, pengembangan awak bantuan keselamatan, dan masih banyak lagi. Yang Jelas, pesawat ini mempunyai potensi yang sangat besar.


Pesawat ini terbang selama 14 hari tanpa mengisi bahan bakar. Bisa jadi inilah awal dari kehidupan dengan Kendaraan tanpa bahan bakar (Fuel Less Energy)

Zephyr mampu terbang dengan memanfaatkan tenaga matahari yang dihantarkan oleh Amorphous Silicon Array yang terdapat di sayapnya.

Zephyr juga mempunyai baterai lithium-sulphur yang menyimpan energi matahari agar dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk tetap dapat terbang di malam hari.

Zephyr Diterbangkan secara manual pada 9 Juli 2010 dan mendarat pada tanggal 23 Juli 2010 setelah melalui penerbangan selama 336 jam 14 menit (kurang lebih 14 hari).



Dengan Penerbangan tersebut Zephyr Berhasil membuat 3 rekor dunia baru, antara lain :

1. Mengalahkan rekor dunia tidak resmi untuk penerbangan pesawat tanpa awak terlama (82 jam, 37 menit pada 2008)

2. Mengalahkan rekor dunia resmi untuk penerbangan pesawat tanpa awak terlama (30 jam 24 menit pada 2001, oleh Northrop Grumman's RQ-4A Global Hawk

3. Zephyr adalah pesawat dgn waktu penerbangan nonstop dan tanpa mengisi bahan bakar terlama sepanjang sejarah , mengalahkan Rutan Voyager milestone yang membuat waktu 216 jam 3 menit dan 44 detik (9 hari) , pada December 1986

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook