Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya


Asahlah | Bank Of Science. Oh No !! memang sungguh menyebalkan jika saat menyisir rambut serpihan-serpihan putih berjatuhan di baju Anda. Yap, Ketombe ! ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang.

Ketombe adalah pengelupasan berlebihan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe bukan merupakan organisme seperti kutu rambut tetapi hanya kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.. 


Masalah yang sering terjadi adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan secara terus menerus diikuti dengan iritasi kulit kepala yang menyebabkan banyaknya muncul ketombeketombe yang memenuhi kulit kepala memang tidak lazim menghinggapi pria atau wanita yang aktif dalam berkegiatan. Tentunya selain akan menimbulkan raga gatal, penampilan rambut juga akan sedikit terganggu dan dapat mempengaruhi produktifitas anda.

Pasti anda sering bertanya-tanya apa yang menyebabkan munculnya ketombe, padahal anda sering keramas dll. Banyak hal yang dapat menyebabkan ketombe, diantaranya:

1.Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Hal ini ditandai  dengan bersisik / mengelupasnya kulit yang di akibat oleh minyak atau lemak berlebih, dan Dermatitis seboroik salah satu penyebab umum munculnya ketombe dikulit kepala.

2. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih. Psoriasis juga merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

3. Kulit kering
Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuk dengan penggunaan pengering rambut ( hair dryer ) dan kondisioner yang salah.

4. Kulit berminyak 
Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.

5. Infeksi jamur
 Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh secara subur.

6. Penyebab lain
Penyebab lain dari ketombe dapat disebabkan oleh tingkat sterss yang tinggi, kurang menjaga kebersihan kulit kepala, berbagi sisir dengan penderita ketombe, penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala, serta bilasan sampo yang kurang bersih.

Mengatasi masalah ketombe bukan lah hal yang mudah, ketombe tidak dapat habis/lenyap dengan cepat, perlu usaha dan kesabaran. Hal yang dapat anda lakukan dintaranya:

1. Keramas dengan Sampo
Pilihlah sampo anti ketombe yang disesuaikan dengan jenis kulit kepala anda. Pemilihan sampo dengan kandungan anti ketombe yang tepat dapat membantu anda mengurangi dan menghilang ketombe. Keramas dengan rutin dapat menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari pertumbuhan ketombe.

2. Mandi setelah melakukan kegiatan berkeringat
Pastikan anda mandi dan keramas setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat, seperti berolahraga. Keringat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mempercepat pengelupasan kulit sehingga pertumbuhan ketombe akan semakin cepat.

3. Jangan gunakan air panas / hangat
Air panas dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit sehingga keluarnya minyak alami pada kulit dan kulit anda menjadi kering. Apabila anda menggunakan air hangat, bilaslah rambut mengunakan air dingin, hal ini akan membuat pori-pori kulit menutup dan mencegah munculnya ketombe akibat kulit yang kering.

4. Gunakan bahan alami / herbal
Banyak bahan alami / herbal disekitar kita yang memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe, diantaranya:

Minyak jojoba, yang terkenal sebagai pelembab alami yang baik untuk kulit dan mencegah munculnya minyak pada kulit dan menyeimbangkan PH kulit sehingga kerombe tidak akan muncul.
Jeruk nipis, gosokan pada kulit kepala dan tunggu beberapa saat lalu bilas. Asam salisilat pada jeruk bermanfaat membersihkan minyak yang berlebih pada kulit kepala.
Minyak kelapa murni, pijat kulit kepala anda dengan minya kelapa murni lalu tutup dengan handuk panas diamkan beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki sifat anti jamur yang baik untuk mencegah ketombe.
Kulit nanas, parut nanas yang sudah matang lalu gosokkan pada permukaan kulit kepala, diamkan semalaman lalu bilas pada pagi hari. Nanas mengandung zat bromelain yang berkhasiat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.

5. Pola hidup sehat
Perhatikan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi, kurangi stres, jaga kebersihan tubuh, hindari rokok dan alkohol, konsumsi vitamin yang baik untuk kulit.

Semoga Bermanfaat J

http://terbaru-terbaik.blogspot.com/2012/11/cara-menghilangkan-dan-mengatasi-ketombe.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook