Cari Jodoh, Memang Bisa Instant



Untuk mencari jodoh secara terbuka, kini orang sudah tidak malu-malu lagi. Simak saja acara Take Him Out Indonesia, yang disiarkan stasiun televisi Indosiar. Bahkan menurut sebuah lembaga survey (AC Nielsen), acara Take Him Out Indonesia merupakan salah satu program TV terfavorit saat ini di Indonesia.

Yang ada dalam benak saya, orang kok memilih jodoh semudah itu. Bisa instan, cepat dan bahkan bisa langsung bergandengan segala. Padahal saya masih ingat dulu, orang kalau mau cari jodoh susahnya minta ampun. Banyak sekali pertimbangan. Itu pun masih belum tanya sana tanya sini. Tapi sekarang kok bisa, ya?

Tapi kan mereka yang ikut acara itu tidak langsung ke KUA. Iya, betul. Tapi, tayangan yang gencar seperti ini memberikan kesan, bahwa mencari jodoh itu mudah, tidak perlu pertimbangan macam-macam. Yang penting cantik, tampan, penampilan OK dan penghasilan cukup. Titik. Ambil..deh..

Dunia barat memang senang yang serba cepat dan singkat. That’s good. Tapi dalam hal apa dulu. Jangan semuanya mentah-mentah kita buat versi Indonesia-nya. Itu yang mesti kita kritisi. Kalau mencari jodoh mah, ya tidak bisa. Karena kehidupan rumah tangga bukan untuk satu atau dua tahun, lalu bubar. Keluarga yang kita bina adalah untuk selamanya. Bahkan di akhirat nanti pun kita akan ditanya soal yang satu ini. Wuih...ngeri harusnya kita...

Nah, saran saya bagi mereka yang sedang mencari jodoh, siapkan betul-betul kriteria yang terbaik menurut kita dan agama. Minta pendapat dan bantuan orang tua, serta mereka yang telah membina keluarga yang sakinah. Kepada mereka yang mampu mendidik anak-anak mereka dengan baik. Karena salah memilih jodoh, berarti kita sedang menyiapkan episode penderitaan buat kita sendiri.

4 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook