RUTIN DIBIASAKAN MENGAJARKAN KEMANDIRIAN SEJAK DINI




Pembiasaan pada anak untuk mengetahui tugas dan kewajibannya sehari-hari akan membuat anak-anak cepat mandiri, karena mereka sudah tahu apa yang akan dilakukan.
Kemandirian anak-anak ini yang sedari dini mulai diajarkan para orang tua khususnya mulai usia sekolah.
“Biasanya sih saya katakana melalui cerita. Misalnya, dengan tokoh binatan kesayangannya yang juga masuk sekolah. Bagaimana harus bangun pagi kemudian mandi, sarapan dan sebagainya. Karena terus terang anak saya masih susah diajak beraktivitas rutin di sekolah, “ungkap Anna.
Ibu rumah tangga sekaligus karyawati swasta ini mengatakan anaknya yang kedua baru masuk TK. Setiap hari, ia mengaku harus terus membiasakan anaknya bangun pagi dan melakukan aktivitas persiapan sekolah. “Awalnya sangat susah. Tapi lama kelamaan bisa,”akunya.
Risa, ibu rumah tangga yang tinggal di Batam Center mengatakan hal serupa. “Iya, sedini mungkin saya mengajarkan sikap mandiri pada anak, jadi setelah besar mereka jadi tidak manja,” kata Risa, warga Batam Center.
Kepada kedua putrinya Riris dan Salsa, ibu muda ini mengajarkan kemandirian sejak usia tiga tahun. Misalnya membiarkan mereka menyuap makan sendiri, mandiri sendiri serta berpakaian sendiri. “Memang mereka mengerjakan secara serampangan. Tapi nanti saya yang betulin seperti pakai baju dan nyisir rambut, “jelasnya.
Dia juga menambahkan mengajarkan anak mandiri sejak kecil sangat bermanfaat. Karena saat usia sekolah si anak tidak tergantung lagi pada orang tua atau pengasuh. “Mereka juga memiliki rasa tanggung jawab pada diri sendiri, “ungkapnya.
Hal serupa juga dikatakan Tina, untuk putrid yang berusia enam tahun telah diajarkan mandiri. Namun ibu rumahtangga ini tetap mengawasi saat sang buah hati melakukan pekerjaanya. “Saya juga mesti sabar, karena misalnya saja saya suruh nyuci piring hasilnya pasti lebih berantakan, “ ujarnya sambil tertawa.
Untuk mengajarkan kemandirian pada dua buah hatinya, wanita berkerudung ini sudah memberikan tugas tersendiri pada anaknya. Seperti mencuci sepatu sekolah, mempersiapkan perlengkapan sekolah dan makan sendiri. BATAMPOS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook