Jagalah Stamina Tubuh Anda!


Kita terkadang suka memaksakan aktivitas padahal stamina kita telah habis, itu membuat tubuh kita bekerja lebih keras, dan kelelahan, hal ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjang kita, agar kita tetap bisa berkarya! admin memberikan tips-tips mengenai itu yang di ambil dari sumber kesehatan remaja! Semoga bermanfaat. Thanks for Visit and Read!


CEGAH KRISIS ENERGI SEKARANG!

Sudah tidur delapan jam, badan masih saja capek, muka kusut dan tidak bergairah ! itu tanda-tanda tubuh kita sedang krisis energi. Selesai beraktivitas di kantor atau kampus,kita langsung berolahraga di pusat kebugaran. Begitu sampai rumah tidak sempat leyeh-leyeh, kita sudah berkutat lagi di depan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas kampus atau nongkrong di depan televisi  untuk melanjutkan menonton serial drama jepang sampai lewat tengah malam. Sabtu dan minggu masih kita gunakan untuk lembur.
Tidak heran kalau kita mudah sakit dan muka kita yang dihiasi kantung mata  tampak kuyu.  Kalau sudah kayak gini gimana mau sukses  di karier  atau mendapatkan gebetan ?  kalau mau tetap fit dan kelihatan cantik, kuncinya simple saja, gunakan energi untuk hal-hal yang bermanfaat dan sebaliknya kurangi kebiasaaan yang membuat energi kita terkuras. Soalnya  energi inilah yang jadi sumber  tenaga kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Mau terus berenergi ? berikut tips yang harus anda lakukan:

KONSUMSI PROTEIN

Sudah menjalankan diet berbulan-bulan, tapi hasilnya  nihil ?  badan kita justru  jadi lemas dan gampang mengantuk ?  ini isyarat sudah waktunya kita meninggalkan  diet tersebut. Demi energi yang melimpah, tinggalkan diet yang menyiksa. Tetap jaga pola makan, dan perbanyak konsumsi buah, sayuran dan sumber protein seperti protein nabati atau hewani.
Sebaliknya, kurangi karbohidrat dan gula yang justru membuat badan terasa lemas. Jadi daripada sarapan nasi goreng plus, lebih baik telur dan susu.  Agar badan dapat menghasilkan energi yang besar, sebaiknya makan sup kacang merah dan setengah porsi nasi putih plus buah apel.  Energi yang dihasilkan bahkan bisa digunakan untuk aktivitas keseokan harinya.

BANYAK BERGERAK

Olah raga memang  salah satu kunci untuk badan yang sehat dan penuh energi. Latihan  beban  di pusat kebugaran memang baik, tapi itu tidak mutlak, apalagi kalau tiap malam kitamemaksakan  diri angkat beban, padahal badan  sudah kelelahan akibat aktivitas sehrian.
Sebenarnya ada cara yang lebih menyenangkan yaitu jalan kaki di pagi hari. Olah raga yang murah  meriah ini  ternyata cukup untuk melipatgandakan  energi sekaligus melatih kerja paru-paru dan jantung. Biar tidak bosen bawa walkman atau musik player sebagai teman perjalanan kita. Alunan musik ternyata juga  membantu kita menjaga ketukan langkah kaki agar tetap  teratur. Jangan lupa, selama berjalan kaki, bernafaslah secara teratur.
Kalau tidak juga sempat jalan pagi, siasati dengan mengurangi penggunaan  alat transportasi dan memilih berjalan kaki. Daripada naik ojek untuk jarak 500 meter, lebih baik jalan saja.

DIAM SEJENAK

Aktivitas seharian memang banyak, tapi kita harus menyempatkan diri untuk diam sebentar untuk tenang danmerefleksikan diri. Jangan lagi  sibuk mengirim sms dan telephone klien di luar jam kantor. Pakailah waktu kkosong itu untuk  menyandarkan punggung di kursi kerja, dan tarik napas dalam-dalam
Daripada memikirkan  lima hal  sekaligus , cobalah  ntuk memfokuskan  diri pada satu objek. Misalnya  pada foto  kita dan  teman-teman yang ada di meja keerja atau poster pemandangan yang ada di kalender. Lakukan ini selama lima  menit dan kaki kita pun  akan merasa lebih nyaman.  Agar lebih enak lagi, kita bisa meneteskan  aromaterapi wangi lavenddeer ke sapu tangan dan nikmati harumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook