Mencari Uang Tambahan Dari Internet (Bussines Trik)



Boleh jadi saat ini ada diantara kita yang sedang mencari usaha sampingan dari internet, buat mencari uang tambahan. Atau bahkan ada yang sudah tidak ingat lagi berapa kali menghadapi kegagalan. Dan kali ini adalah usaha yang kesekian kalinya.

Berhentilah sejenak untuk berpikir. Ingat-ingat kembali apa sih sebenarnya yang telah membuat kita gagal. Agaknya, merencanakan dengan lebih baik merupakan solusi terbaiknya. Tanggalkan jauh-jauh ketergesaan dalam memilih usaha sampingan.

Dari pengalaman pribadi saya, mencari uang tambahan memang butuh kesabaran. Kita mungkin perlu melewati beberapa kali kegagalan sebelum akhirnya menemui cahaya kesuksesan. Demikian pun saya. Alhamdulillah saat ini saya sudah bisa mendapatkan penghasilan tertinggi kira-kira US$ 150 dari internet tiap bulannya. Jumlah yang cukup besar menurut ukuran saya sebagai seorang karyawan.

Nggak ada trik khusus sih sebenarnya. Hanya dari sekian kali mengalami kegagalan, saya dapat menarik beberapa point penting yang mesti kita perhatikan betul-betul manakala akan menetapkan sebuah pilihan.

Hindari skema bisnis cepat kaya atau “get rich quick scheme”. Memilih bisnis seperti ini bukannya berhasil, malah uang kita yang ludes. Kedepankan logika, pilihlah bisnis yang sifatnya longterm bisnis dan mementingkan pembangunan pondasi bisnis yang kuat.



Sesuaikan dengan alokasi waktu yang kita punya. Jangan membuat komitmen 5 jam sehari kalau siang harinya kita juga harus bekerja. Ingat keluarga dan diri kita juga memiliki hak yang harus terpenuhi. Saya saat ini hanya mengalokasikan waktu rata-rata 1 jam setiap harinya.


Mulailah bisnis internet dengan modal rendah atau bahkan kalau mungkin tanpa modal. Kalau ternyata setiap bulannya bisnis kita itu memerlukan biaya operasional, alokasikan maksimal 10% dari gaji bulanan kita. Kalaupun ditengah jalan gagal, keluarga kita tidak akan terbengkalai kebutuhannya.


Pilihlah jenis usaha yang kita sukai atau kalau belum usahakan untuk menyukai dan mencintainya. Tentu kita sering mendengar orang yang sukses dalam usahanya hanya dengan menekuni hobi atau kesenangan mereka pada tahap awalnya.

Selanjutnya disiplinkan diri kita untuk memisahkan keuangan usaha dengan keuangan keluarga. Nggak boleh dicampuradukan. Buat rekening bank berbeda. Bayar uang keluarga kalau terpakai untuk menutupi keperluan usaha dari laba yang kita peroleh.

Dan yang lebih penting gunakan sebagian besar keuntungan yang kita peroleh untuk memperbesar usaha kita. Alangkah idealnya memang kalau kita berpikir suatu saat kita tidak lagi merasa harus bekerja, tapi bekerja menjadi hobi. Karena bisnis internet kita sudah bisa jalan tanpa campur tangan kita lagi.

Dan alangkah baiknya bila kita juga mulai menambah pengetahuan seputar menjalankan usaha. Kalau boleh memberikan masukan, perlu sekali kiranya kita baca buku karya Safir Senduk “Buka Usaha Nggak Kaya…Percuma!” dan karya Tung Desem Waringin “Financial Revolution”. Buku-buku yang lainnya? Tentu semakin banyak akan semakin lengkap.

Selamat berusaha, mudah-mudah kita bisa mengambil pelajaran dari kegagalan yang telah kita lewati. Berpikir sebelum bertindak amat penting, tapi mengambil tindakan jauh lebih penting.

Ingat kata orang bijak, “Orang yang gagal adalah orang yang telah berhenti berusaha”.

4 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook