Mitos Valentine Day (Story)


Valentine yang selalu dirayakan setiap tanggal 14 februari sangat dinanti-nanti oleh muda-mudi di seluruh dunia tidak hanya di eropa, tapi juga di Indonesia.

Di hari spesial ini para remaja khususnya muda-mudi akan mengekspresikan rasa cinta mereka kepada pasangannya, ada yang memberikan bunga, coklat, candle light dinner ataupun hanya sekedar menelpon kekasihnya untuk mengucapkan selamat valentine.
Sebenarnya adakah diantara kita yang tahu bagaimana sejarah atau mitos valentine sebenarnya ?
Menurut mitosnya di romawi pernah ada suatu festival yang diarayakan pada tanggal 15 februari, dimana festival ini dirayakan sebagai rasa penghormatan kepada Lupercus.
Festival ini biasanya diadakan pada saat musim semi. Dimana salah satu kebiasaan muda-mudi disana melakukan pengundian nama-nama gadis yang kemudian di taruh di dalam toples, kemudian setiap nama gadis yang keluar dari toples maka gadis yang namanya terpilih harus menjadi kekasihnya.
Legenda menyebutkan bahwa pada saat itu hari libur lupercus berubah menjadi hari valentine dan dimajukan sehari menjadi tanggal 14 februari, ketika seorang pendeta bernama valentine yang merupakan seorang pendeta agama Kristen.
Pada saat itu Kristen adalah agama baru. Kaisar yang memerintah pada saat itu adalah Claudius II dimana kaisar melarang para prajurit muda untuk menikah bahkan bertunangan ataupun memiliki kekasih.
Hal ini karena kaisar menyakini bahwa jika para prajuritnya menikah, maka mereka akan lebih memilih untuk tinggal dirumah bersama keluarganya daripada memilih berperang.
Valentine menentang keputusan kaisar dan diam-diam melakukan pernikahan. Dan akhirnya diketahui oleh kaisar dan dijatuhi hukuman penjara dan kemudian dihukum mati.
Valentine dihukum mati pada tanggal 14 februari pada malam hari libur roma lupercalia. Setelah kematiannya valentine diberi nama santo. Setelah seluruh masyarakat roma memeluk agama Kristen.
Para pendeta memindahkan hari libur musim semi dari tanggal 15 februari menjadi tanggal 14 februari.
Sekarang hari libur santo valentine lebih dikenal sebagai hari valentine daripada hari libur lupercus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Like Asahlah On Facebook