5 Kebiasaan Mudah Berhemat


    ADA banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk berhemat dan menumpuk pundi-pundi uang. Ubah sejumlah kebiasaan kecil yang tidak perlu, lalu lihat sendiri hasil yang Anda peroleh di akhir bulan.

    Nah, berikut ini adalah lima cara mudah yang dapat segera Anda lakukan untuk menghemat uang dan menabung:
    1. Saat berbelanja di supermarket, ubah kebiasaan membeli produk-produk bermerek tertentu ke produk-produk sama yang diproduksi sendiri oleh supermarket tersebut. Sejumlah supermarket besar biasanya memproduksi berbagai jenis produk dengan mereknya sendiri, mulai dari tisu, gula, sabun cair, minyak, beras, dan lain sebagainya dengan harga lebih murah. Tidak jarang, orang-orang termakan rayuan merek terkenal. Padahal, bisa jadi produk sama dari merek lain memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dibandingkan produk merek ternama.
    2. Ganti penyedia jasa jaringan telepon selular Anda ke penyedia jasa lain yang memberikan penawaran lebih menguntungkan. Saat ini, sejumlah provider berlomba-lomba memberikan harga termiring untuk layanan jasa mereka yang harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya, seperti abonemen atau tarif telepon yang lebih murah.
    3. Cintailah produk dalam negeri. Jika selama ini Anda lebih suka mengopi di kedai kopi franchise asal luar negeri, ubah pola konsumsi Anda dengan mengunjungi kedai kopi lokal. Saat ini terdapat berbagai kedai kopi asli dalam negeri yang menyediakan bermacam suguhan kopi sedap dengan harga yang lebih ramah di kantong.
    4. Saat ini akses informasi semakin mudah, cepat, dan murah berkat teknologi internet. Manfaatkan internet untuk membaca berita dari dalam dan luar negeri dari situs berita online. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan koran atau majalah.
    5. Pindahkan kegiatan hiburan dari luar ke dalam rumah. Jika selama ini Anda rutin mengunjungi bioskop untuk menonton film setiap akhir pekan, lebih baik sewa sejumlah DVD di tempat penyewaan film. Atau, jika Anda senang berkaraoke bersama teman-teman di tempat karaoke, undang mereka ke rumah Anda untuk unjuk kebolehan menyanyi. (*/OL-08)
    Sumber : mediaindonesia.com

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    Like Asahlah On Facebook