1. Melatih ingatan.
Bila Anda sulit mengingat nama orang atau bertanya-tanya apakah sudah mengunci pintu ketika meninggalkan rumah, tampaknya Anda harus melatih ingatan Anda.
2. Tidur cukup untuk membuat otak Anda jadi refresh kembali..
3. Tuliskan di kertas agar lebih mudah mengingat.
Menulis tak hanya membuat Anda memiliki catatan, tapi juga ‘memaksa’ Anda memikirkan apa yang sedang Anda tulis. Kemungkinan untuk mengingatnya pun lebih besar.
4. Jauhi obat-obatan dan alkohol. Sebab, kedua jenis zat ini membunuh sel-sel otak. Selain itu, menyebabkan orang menjadi cepat bingung, kurang koordinasi, inkontinensi, tremor, dan pergerakan mata yang tidak normal.
5. Rajin berolahraga agar tetap sehat dan bahagia. Olahraga akan merangsang tubuh untuk memproduksi endorfin (zat yang memberi rasa nyaman).
6. Makan makanan yang seimbang dan penuh gizi.
7. Temukan kegiatan yang membuat otak Anda tetap aktif.
Bacalah buku yang menarik, menonton film bagus, dan mendiskusikannya dengan teman-teman. Atau, bisa juga mengisi TTS. Walau Anda tidak bisa menambah jumlah sel otak, tapi mengaktifkan kerja otak akan membantu produksi molekul otak (yang akan menjaga fungsi sel-sel otak supaya tetap aktif).
8. Minum sedikitnya 8 gelas sehari. Minum lebih banyak dari jumlah itu bila Anda sedang berolahraga atau ketika hari sedang panas-panasnya. Kalau Anda terkena dehidrasi, Anda akan merasa stres, letih, ingin ngomel, sakit kepala, dan mual-mual. Ingat juga bahwa alkohol dan kafein bisa menyebabkan dehidrasi.
9. Belajar bermeditasi
Meditasi akan mengurangi stres dan menolong Anda bernapas dengan baik. Terlalu banyak (atau sedikit) oksigen dalam aliran darah bisa mempengaruhi mental